Memahami dengan jelas dan lengkap unsur unsur dari pembentuk identitas nasional bangsa Indonesia tentu saja akan menumbuhkan jiwa patriot kita menjadi lebih dalam.

Dimana bangsa indonesia adalah bangsa yang sangat unik, kaya dan berbeda dengan bangsa yang lainya. Banyak ciri khas yang membuat indonesia menjadi sangat mudah dikenali di mata dunia salah satunya karena unsur unsur dari identitas nasional bangsa kita.

Apa saja itu, mari kita bahas lebih detail dalam artikel ini. Unsur identitas ini sendiri juga dinamakan sebagau unsur pemersatu bangsa.

  1. Suku Bangsa

Suku bangsa di Indonesia adalah yang terbanyak di Dunia. Tidak ada negara satupun di dunia yang memiliki suku bangsa sebanyak indonesia tapi tetap berada dalam negara kesatuan yang sama.

Setiap suku bangsa memiliki adat, budaya dan latar belakang agama yang berbeda dengan suku bangsa lainya. Misalan suku bugis, suku jawa, suku bali, suku lombok, suku dayak dan lain lain semuanya berada di negara satu dengan semua perbedaanya.

Inilah yang membuat indonesia menjadi dikenal dunia, menjadi negara yang kuat dan kaya dan unik.

  1. Agama

Kemudian yang kedua adalah agama, dimana agama di Indonesia sampai dengan saat ini sangat beraneka ragam jenis. Hampir ada 6 agama yang di akui sah oleh undang undang kita.

Di Negara dunia manapun tidak ada agama sebanyak di Indonesia dan semuanya hidup rukun bedampingan satu sama lain. Inilah yang menjadi ciri khas identitas indonesia sangat dikenal.

  1. Seni dan Kebudayaan

Kemudian dalam bidan seni dan budaya. Dengan banyaknya suku maka semua suku memiliki budaya yang berbeda beda.

Adat istiadat yang berbeda, baju daerah, tarian dan lain sebagainya semua berbeda dan menjadi satu sebagai rumpun tanah air Indonesia.

  1. Bahasa

Kemudian yang terakhir adalah bahasa, kita sama sama tahu orang papua memiliki bahasa daerahnya sendiri, kemudian orang NTT, NTB, Bali Jawa, Kalimantan, Padang semuanya memiliki bahasa daerah sendiri.

Jumlah dan jenis bahasa di Indonesia sangatlah banyak, belum lagi dari logat pengucapanya sangat beragam sekali.

Kondisi bahasa yang banyak ini menjadi satu dan di persatukan dalam bahasa nasional yakni bahasa Indonesia.