Munculnya rasa sakit dan tidak nyaman saat menstruasi adalah hal yang umum terjadi. Hal ini karena saat menstruasi, otot rahim akan berkontraksi untuk melepaskan lapisan pembuluh darah yang sudah menumpuk. Beberapa kasus akan menyebabkan rasa mual dan sakit kepala. Meskipun wajar terjadi, tidak semua wanita bisa tahan dengan nyeri haid ini. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

Cara Meringankan Rasa Nyeri Ketika Haid

  1. Mengompres dengan air panas

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan dan alatnya bisa ditemui sehari-hari. Mengompres bagian perut dan punggung bagian bawah dapat mengurangi rasa sakit yang timbuk karena haid. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012, terdapat 147 sampel wanita dengan usia 18 hingga 30 tahun yang mempunyai siklus menstruasi normal menyatakan bahwa mengaplikasikan heat patch di suhu 40 derajat celsius memiliki efektivitas seperti ibuprofen.

Untuk melakukannya juga cukup mudah. Anda bisa membuat bantal pemanas sendiri dengan cara mengisi bantal dengan beras mentah dan dipanaskan di dalam microwave selama beberapa menit. Jika tidak memungkinkan untuk membuatnya, Anda juga bisa mandi air hangat atau mengompres dengan handuk yang direndam air hangat.

  1. Mengonsumsi obat

Menurut Health Line, pereda nyeri yang sangat direkomendasikan untuk meredakan nyeri ketika haid adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Obat ini bisa membantu dalam menurunkan produksi hormon prostaglandin di dalam tubuh. Memang ada pendapat yang mengaitkan antara nyeri saat haid dengan hormon ini karena dapat menyebabkan rasa nyeri.

  1. Menghindari makanan tertentu

Ketika menstruasi, wanita dianjurkan untuk menghindari beberapa makanan tertentu, khususnya yang dapat menyebabkan perut kembung. Beberapa makanan atau minuman tersebut antara lain minuman bersoda, makanan asin, dan minuman yang mengandung kafein. Dengan mengurangi makanan ini, ketegangan saat haid dapat berkurang.

  1. Pijat menggunakan essential oil

Pijat memang merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengurangi rasa sakit, salah satunya adalah yang diakibatkan karena menstruasi. Lakukan terapi pijat selama 20 menit untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Agar hasilnya lebih terasa, gunakan juga minyak esensial aromaterapi untuk menambahkan efek relaksasi.

  1. Mengonsumsi kunyit

Tak heran jika bahan yang satu ini kerap dijadikan sebagai obat beberapa penyakit. Kunyit memang dapat membantu meredakan gejala nyeri saat menstruasi. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, terdapat 70 wanita yang mengonsumsi dua kapsul kunyit 7 hari sebelum menstruasi dan tiga hari setelah menstruasi. Hasilnya, mereka menyatakan terdapat penurunan rasa nyeri yang cukup signifikan.

Cara-cara di atas memang tidak menjamin rasa nyeri haid akan langsung hilang. Apabila setelah melakukan cara tersebut tidak ada tanda-tanda membaik, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan untuk memastikan tidak ada hal berbahaya yang terjadi.