Banyak sekali jenis olahan masakan dari ayam. Di Indonesia sendiri misalkan, ada ayam goreng, kemudian ada sup ayam, ayam rica rica dan tentu saja yang tidak kalah menarik dan enak adalah ayam panggang ini.

Ayam panggan khas Lombok Nusa Tenggara Barat misalkan, merupakan salah satu olahan masakan citra lokal yang rasanya sangat nasional sekali dengan ciri khasnya yang pedas kemudian ditambahkan dengan olahan pelcing kangkung yang membuat siapa saja yang mencobanya akan jatuh cinta apalagi bagi anda yang suka dengan masakan pedas.

Ada beberapa bumbu khas dalam memberikan kualitas penyedap rasa ayam panggang khas lombok ini salah satunya adalah penggunaan jeruk pada sambal, kemudian penambahan bahan bahan atau bumbu dan rempah yang semuanya hampir masih segar.

Nah sekarang saya akan coba pandu anda dalam memasak atau menghidangkan ayam panggang khas lombok ini, dimana dari sisi pengolahanya kemudian bagaimana cara memasaknya sampai penyajianya tentu saja ini masih sangat tradisional sekali.

Yuk simak dibawah ini guys sangat simple memang bumbunya tidak banyak namun cocok bagi kalian yang mau mencoba cita rasa ayam panggang dengan gaya memasak, aroma dan rasa yang berbeda.

Persiapan:

Sebelum kita masuk pada proses pemanggangan, tentu saja bunda harus siapkan dulu 1 ekor ayam muda yang sudah dibersihkan kemudian di pilet atau dibelah menjadi dua bagian jangan sampai terputus ya.

Kemudian siapkan alat penusuk satu ekor ayam tersebut, biasanya di Lombok menggunakan bahan dari bambu runcing yang di kecilkan.

Kemudian siapkan tempat membakarnya, kalau ala lombok nih membakarnya di tungku dari tanah atau orang lombok menyebutnya jangkeh, atau juga bisa anda buat sendiri dengan potongan bata merah dan lain sebagainya usahakan lebar sesuai dengan ukuran ayam sehingga tingkat kematanganya sempurna.

Setelah itu siapkan bumbu bumbunya, sangat sederhana, dimana anda masukan sekitar 5 sendok garam, kemudian campurkan dengan asam, dan air perasan jeruk sambal setelah itu balurkan ke semua bagian daging ayam sampai merata sampai dengan bagian dalam.

Ini adalah bumbu tradisional memang namun rasanya bisa di aduk dengan menggunakan jenis bumbu seperti masako dan lain sebagainya.

Dari sisi rasa kalau sudah matang memang hanya asin saja, tapi inilah uniknya ayam panggang khas lombok ini dimana wajib nanti dalam penyajian masakan ketika ingin di santap dibuatkan sambal tomat yang sangat menggoda.

Sambal tomat ini sendiri bahan bahanya juga sangat standar kebanyakan menggunakan bahan bumbu yang masih segar diantaranya: Tomat, kemudian cabe rawit, terasi, garam dan SGM sesuai dengan selera anda.

Kemudian ulek sampai merata dan benar benar kulit tomatnya sampai halus. Kemudian hidangkan bersama ayam panggan tadi dan rasanya memang sangat nampol.

Untuk melengkapinya biasanya akan direbuskan kangkung dan di aduk menjadi satu. Nah sesederhana itu memang namun jika anda belum merasakanya maka belum tau bagaimana sensasi pedas dan enaknya ayam panggang khas lombok ini.

Ow ya untuk ayam sendiri memang kami rekomendasikan anda menggunakan ayam kampung yang masih muda ya karena dagingnya tidak begitu alot.