Susu formula begitu populer sebagai salah satu minuman terkadang banyak digunakan sebagai pengganti ASI juga.

Meskipun susu formula ini kebanyakan memang bahan utamanya dari susu murni seperti susu sapi, tetapi menjadi orang tua haruslah tetap waspada karena tidak semua susu formula bagus dan cocok untuk bayi.

Dari sisi manfaat memang susu formula bagus, tapi dari sisi kesehatan hampir sama sekali tidak ada manfaatnya jika dibandingkan dengan ASI. Sebagai contoh sederhana, susu formula ini tidak akan bisa memberikan perlindungan dari sisi kekuatan imun, kemudian dari sisi infkesi pada bayi anda sedangkan ASI sangat bisa.

Maka dari itu, sangat di wajibkan sekali yang namanya wajib ASI selama 6 bulan kalau bisa sampai dua tahun. Oke, kita kembali ke topik utama yakni membahas mengenai jenis jenis susu formula yang ada sampai saat ini.

Susu Formula Susu Sapi

Ini adalah salah satu susu formula yang bisa bunda berikan kepada bayi. Dan ini memang kami rekomendasikan jika harus menggunakan susu formula. Dimana susu formula sapi ini sendiri mengandung dua macam protein.

Dari sisi proses pencernaan susu jenis ini lebih gampang dicerna oleh bayi jika dibandingkan dengan jenis susu formula untuk bayi yang lain.

Atau jika bunda ingin jawaban lebih meyakinkan mislakan, maka tidak ada salahnya menyakan semua ini ke dokter ahli dalam masalah ini. Tanyakan rekomendasi susu forumla yang bagus untuk usia bayi anda jenis apa dan merek apa.

Susu Formula Susu Kambing

Ini sama saja dengan yang pertama, cocok diberikan kepada bayi yang baru lahir dan bisa anda beli dengan sangat mudah di banyak minimarket. Dari sisi kandungan nutrisi bisa dikatakan hampir sama dengan yang pertama.

Perlu bunda pahami, sebagaimana yang sudah kami katakan tadi. Susu formula kadang cocok cocokan, jika bayi anda ada alergi misalkan bisa jadi susu formula kambing kurang cocok dan bisa ganti dengan susu formula sapi.

Susu Formula Anti-Refluks

Ini adalah pilihan ke tiga yang kami rekomendasikan kepada bunda, dimana yang pertama susu sapi, dan kambing. Namun jika tidak ada maka bunda bisa gunakan jenis susu formula anti-refluks ini ya.

Dimana kami sarankan tentu saja jangan bunda lupa konsultasi dan tanyakan kepada dokter jika ingin jawaban yang menyakinkan ini hanya rekomendasi saja dari kami.

Kemudian jangan lupa juga ya, dalam setiap kemasan susu formula bagi bayi pasti ada cara penggunaanya. Bunda harus paham betul, karena banyak jenis susu formula bayi yang dicampur juga dengan air salah satunya adalah anti refluks ini.

Jadi pastikan benar benar setertil karena kondisi bayi tentu saja masih sangat rawan kemasukan minuman lain apalagi air yang tidak seteril misalkan.

Kemudian jenis susu formula lain misalkan ada jenis susu formula bebas laktosa, kemudian susu formula jenis hipoalergenik, sampai dengan susu formula soya dimana semuanya ini adalah pilihan terakhir yang kami rekomendasikan.

Jikapun bunda ingin menggunakanya alangkah baiknya sempatkan waktu bunda sebentar saja tanya dokter atau siapa yang ahli dalam hal ini karena ini untuk kesehatan bayi bunda dimasa yang akan datang.