Mengajarkan pola hidup sehat sedari dini kepada anak merupakan kegiatan yang penting. Dalam pengajaran yang dilakukan, tidak hanya dapat dilakukan dengan pengucapan saja namun dengan pengamalan hal yang diberikan. Ketika anda menginginkan anak mengonsumsi makanan sehat maka ada baiknya memberikan anak anda makanan sehat setiap harinya dan beragam kegiatan penunjang agar anak sehat setiap saat.

Kegiatan yang dapat diberikan untuk menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini beragam. Mulai dari konsumsi makan tiap hari mereka hingga kebiasaan menjaga kebersihan diri mereka. Jika kegiatan menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini ditanamkan sedari dini maka mereka akan lebih aware terhadap kesehatan diri mereka. Mencontohkan dan juga membiasakan diri merupakan kunci dalam mengajarkan kesehatan dan gizi anak usia dini.

Konsumsi makanan yang diberikan untuk menunjang kesehatan dan gizi anak usia dini pun beragam. Mulai makanan kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat hingga proses pemasakan makanan yang perlu diperhatikan. Memberikan makanan buatan rumahan dalam keseharian si kecil lebih baik dibandingkan memberikannya makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan rumahan lebih higienis dan bernutrisi tinggi.

Ada beberapa hal yang dapat anda perhatikan dalam membuat makanan yang mendukung kesehatan dan gizi anak usia dini. Dimana beberapa hal ini dapat anda perhatikan dalam memberikan nutrisi penunjang kesehatan anak anda :

  1. Memastikan bahan baku makanan segar dan bersih
  2. Menggunakan piranti masak yang bersih
  3. Memasak dengan matang
  4. Mengurangi penggunaan penyedap, tinggi garam dan minyak yang berkualitas rendah
  5. Mengurangi proses pemasakan yang bertingkat seperti merebus bahan lalu menggorengnya agar nutrisi tidak hilang
  6. Menggunakan wadah makanan yang BPA free atau disarankan keramik

Beberapa kegiatan diatas merupakan kegiatan pendukung dalam menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini. Bahan baku makanan yang segar masih kaya akan nutrisi sehingga mampu mencukupi kebutuhan harian anak dalam beraktivitas. Selain itu, bahan makanan segar juga mampu meningkatkan selera makan anak. Sehingga dapat menunjang kegiatan makan anak.

Kegiatan memasak makanan yang bersih mulai dari piranti dan bahan baku, akan menunjang kesehatan anak sehingga tidak terpapar bahan kimia yang buruk untuk kesehatan. Penggunaan bahan tambahan makanan kedalam makanan anak akan berdampak pada kesehatan anak. Seperti misalnya menggunakan MSG berlebihan akan menyebabkan penurunan daya ingat. Sehingga ada baiknya mengurangi penggunaannya.

Proses pemasakan makanan yang lama dan juga banyak akan menyebabkan kerusakan nutrisi. Ada banyak zat nutrisi yang larut dalam air dan juga tidak tahan pemanasan yang lama. Hal ini akan menurunkan nutrisi dalam makanan anak.