Asuransi kesehatan dapat meringankan beban finansial kamu ketika ada risiko penyakit tak terduga. Namun, sebelum mendaftar asuransi kesehatan, kamu harus memastikan kalau asuransi kesehatan yang kamu pilih sudah sesuai dengan kamu.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan:

  • Nilai premi (idealnya tidak lebih dari 10%);
  • Usia masuk dan batas usia pertanggungan;
  • Jenis manfaat asuransi kesehatan yang tersedia;
  • Nilai batas maksimal pertanggungannya per tahun; serta
  • Sistem klaim asuransi kesehatannya.

Artikel ini akan membahas poin yang terakhir, yaitu sistem klaim asuransi kesehatan. Di Indonesia sendiri, ada dua jenis sistem klaim asuransi, yaitu cashless dan reimbursement.

Apa Bedanya Asuransi Cashless dan Reimbursement?

Secara singkatnya, sistem asuransi cashless memperbolehkan kamu untuk tidak membayar tagihan lebih dahulu. Kamu cukup menunjukkan kartu keanggotaan asuransi dan pihak rumah sakit akan menagih langsung ke pihak perusahaan asuransi.

Di sisi lain, reimbursement mengharuskan kamu untuk bayar tagihan rumah sakit terlebih dahulu. Jika sudah, kamu bisa mengajukan klaim pembayaran dan perusahaan asuransi akan memberikan biaya ganti rugi atas tagihan tersebut.

Namun, kamu tetap harus mengumpulkan dokumen yang pihak perusahaan asuransi perlukan. Misalnya formulir pengajuan klaim, fotocopy identitas diri, serta dokumen lainnya, seperti kuitansi rumah sakit, surat keterangan dokter, hasil diagnosa dari rumah sakit, hingga dokumen hasil pengecekan laboratorium dan resep obat.

Apa Kelebihan dan Kekurangannya? 

Tentunya kedua sistem klaim asuransi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasannya.

Asuransi Cashless

Kelebihan asuransi cashless adalah proses yang jauh lebih simple dan mudah, cukup menunjukkan kartu kesehatan dan melengkapi dokumen. Namun, sayangnya asuransi cashless hanya berlaku untuk rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi.

Karena itu, pastikan jaringan rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi kamu sudah cukup luas. Contoh perusahaan asuransi yang mempunyai jaringan rumah sakit rekanan yang luas antara lain adalah Super You by Sequis Online dengan lebih dari 4000 rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia.

Asuransi Reimbursement

Walau terkesan lebih ribet, asuransi reimbursement sebenarnya punya keunggulan utama yaitu fleksibilitas. Tidak seperti asuransi cashless, asuransi reimbursement dapat diajukan untuk rumah sakit mana saja. Tidak harus rumah sakit rekanan. Bahkan asuransi reimbursement bisa berlaku untuk luar negeri lho.

Pada umumnya, biaya premi asuransi kesehatan dari asuransi reimbursement pun lebih murah dibanding sistem klaim cashless.

Namun, sayangnya asuransi reimbursement berarti kamu harus membayar tagihan rumah sakit terlebih dahulu. Kemudian kamu perlu mengajukan klaim di mana perusahaan asuransi baru memberikan ganti rugi. Karena itu, sebenarnya asuransi reimbursement lebih cocok untuk asuransi kesehatan yang memberikan santunan tunai, bukan yang sesuai tagihan.

Sudah Tahu Mana Sistem Klaim Asuransi yang Tepat?

Apa pun sistem klaim asuransi yang kamu pilih, kamu bisa cek produk asuransi kesehatan terbaru dari Super You by Sequis Online. Mulai dari Rp30.000-an saja per bulannya, kamu pun akan dengan mudah mendapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!