Seberapa sering Anda mengonsumsi kopi instan setiap hari? Sekali? Dua kali atau lebih? Biasanya untuk pecinta kopi mengonsumsi setidaknya 2 gelas kopi setiap harinya. Setiap kali membuat kopi seringkali meninggalkan ampas kopi dan di beberapa jenis kopi ampasnya lebih banyak hingga mencapai 45 gram.

Anggap saja setiap kali minum kopi hitam ampas yang tersisa adalah 15 gram. Apabila meminum kopi 2 kali sehari, maka ampas kopi yang didapatkan 30 gram sehari. Dalam sebulan Anda bisa mengumpulkan setidaknya 900 gram ampas kopi. Lalu apakah ampas kopi ini Anda buang saja? Sebenarnya, ampas kopi dapat digunakan kembali dan sangat bermanfaat.

5 Manfaat Ampas Kopi

Mungkin sebelum ini Anda hanya membuang ampas kopi setelah selesai menikmati secangkir kopi. Mulai saat ini kebiasaan tersebut harus diubah karena ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, misalnya seperti berikut ini:

1.     Membersihkan Debu di Rumah

Punya masalah debu menumpuk di rumah? Anda dapat memanfaatkan ampas kopi untuk menghilangkan debu di rumah. Debu yang berterbangan akan melekat pada ampas kopi sehingga lebih mudah dibersihkan. Cara penggunaan ampas kopi untuk membersihkan debu dengan cara menaburkannya. Kemudian biarkan beberapa dan bersihkan.

2.     Menghilangkan bau tidak sedap

Kopi instan yang biasa Anda konsumsi sering meninggalkan banyak ampas. Gunakan ampas ini untuk menghindari bau tidak sedap di rumah. Misalnya lemari es yang seringkali menjadi tempat bau tidak sedap tercium. Caranya dengan meletakkan ampas kopi di dalam wadah plastik yang tahan suhu dingin dan letakkan di dalam kulkas.

Selain meletakkan bubuk ampas kopi di kulkas, Anda juga dapat meletakkannya di kamar mandi atau toilet sehingga mengusir bau yang seringkali menghinggapi. Untuk meletakkan di kamar mandi, Anda bisa menggunakan kantung kain dan menggantungnya di dinding kamar mandi atau toilet.

3.     Membersihkan Alat Dapur

Punya peralatan dapur dengan noda membandel? Anda dapat menggunakan ampas kopi membersihkannya. Gosoklah alat dapur menggunakan spons cuci dan gunakan ampas kopi sebagai pengganti sabun. Dengan tekstur kasarnya, ampas kopi mampu mengusir noda membandel.

4.     Membasmi Semut

Manfaat lain dari ampas kopi adalah untuk mengusir dan membasmi semut. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menaburkan ampas kopi di tempat yang sering didatangi semut. Dengan cara simpel ini Anda dapat membuat semut enggan datang karena tidak menyukai bau kopi menyengat.

5.     Menghilangkan Goresan pada Kayu

Perabot rumah tangga di rumah Anda terbuat dari kayu dan memiliki banyak goresan yang terjadi dengan tidak disengaja. Goresan-goresan ini dapat Anda hilangkan dengan mudah menggunakan ampas kopi.

Caranya sangat mudah, hanya perlu menggunakan ampas kopi dan cutton bud. Ampas kopi yang baru dioleskan ke goresan di perabot kayu dengan menggunakan cutton bud, biarkan 10 menit kemudian bersihkan dengan kain bersih. Anda tidak akan lagi menemukan goresan yang sebelumnya ada.

Berbagai variasi kopi memang nikmat dikonsumsi setiap hari. Namun, bukan hanya itu manfaat dari kopi. Anda juga dapat menggunakan ampas kopi instan yang dikonsumsi untuk berbagai kegunaan lain seperti penghilang bau dan debu, juga membersihkan alat dapur, pengusir semut dan menghilangkan goresan pada perabot kayu.