Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, termasuk dengan industri kreatif 4.0 yang tengah diminati dan dikembangkan di Indonesia. Pasalnya, sektor ekonomi kreatif menyumbang 7,28% peningkatan ekonomi pada tahun 2017.

Sebagian orang berpendapat bahwa kreativitas seseorang menjadi sumber utama dari ekonomi, sehingga banyak sektor industri yang hadir dari hasil kreativitas dan inovasi dari masing-masing individu.

Manfaat Sektor Industri Kreatif di Indonesia

Dengan berkembangnya industri-industri kreatif di Indonesia, semakin banyak pula manfaat yang dapat dirasakan untuk seluruh warganya. Mungkin masih banyak warga yang belum tahu manfaatnya, namun di sini akan dijabarkan tentang manfaat tersebut, yakni sebagai berikut:

1. Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Banyak sektor di industri ekonomi kreatif yang hadir dari hasil kreativitas seseorang. Dengan banyaknya orang yang berlomba menciptakan suatu usaha dan kegiatan baru, semakin banyak pula lapangan pekerjaan baru bagi warga Indonesia.

Lapangan pekerjaan dari sektor industri ini dapat menjadi solusi untuk mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Selain itu, juga dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang berhadapan dengan kemiskinan.

2. Berkembangnya Potensi SDM

Dengan kreativitas dalam menciptakan jasa dan produk baru yang semakin ramai di pasar global, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hal ini menjadi potensi besar sumber daya manusia untuk berkembang dengan lebih baik.

3. Meningkatnya Perekonomian di Indonesia

Dengan adanya berbagai macam jenis usaha dan sektor industri baru, semakin meningkat pula perekonomian masyarakat Indonesia. Banyak lapangan pekerjaan baru yang juga membantu mengurangi tingkat pengangguran.

Macam-Macam Sektor Industri atau Ekonomi Kreatif di Indonesia

1. Sektor Industri Musik

Meredupnya industri musik di Indonesia pada tahun 2000-an. Pasalnya, banyaknya pembajakan kaset/CD, pengunduhan ilegal, dan pandemi yang belum berakhir, membuat musisi Indonesia harus kembali mengatur strategi agar tetap eksis di dunia hiburan.

Oleh karena itu, banyak musisi Indonesia saat ini yang akhirnya merekam karya dan video karya mereka. Setelahnya, mereka mengunggahnya di platform sosial media untuk tetap mempertahankan eksistensinya di industri musik.

2. Sektor Industri Kuliner

Banyaknya varian masakan khas Indonesia dan mudah untuk dicoba, membuat kuliner Indonesia menjadi mendunia. Terlebih lagi, dengan banyaknya acara TV nasional yang turut menghadirkan publik figur mancanegara untuk mencicipi kuliner khas Indonesia.

3. Sektor Industri Arsitektur

Semakin banyaknya sektor industri ini, semakin banyak pula tempat dan bangunan yang dibutuhkan sebagai pusat kerjanya. Hal ini meningkatkan pula lapangan pekerjaan di industri arsitektur yang berlomba-lomba menciptakan bangunan unik dan megah.

4. Sektor Industri Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan dan budaya Indonesia sudah sangat melekat sejak dulu, membuat banyak pengrajin yang mulai memperkenalkan karya nya secara global. Karena selain nilai estetika, kerajinan tangan bisa menjadi sumber penghasilan.

5. Sektor Industri Penerbitan

Pada sektor industri penerbitan diperkirakan akan terus berkembang. Pasalnya, dari segi pemasaran yang luas dan lebih mudah, penerbitan dapat dilakukan secara cetak, website, dan melalui platform media sosial.

5. Sektor Industri Film

Fase naik turun yang dialami industri film di Indonesia sejak tahun 2000, membuat banyak produser dan sutradara film harus mencari strategi baru di industri jenis kreatif saat ini. Terlebih belum berakhirnya pandemi, sehingga membatasi produksi film.

6. Sektor Industri Fotografi

Berbeda dengan industri film yang menurun, industri fotografi sedang banyak diminati di Indonesia. Banyak masyarakat yang menawarkan dirinya untuk menjadi fotografer, mulai dari produk hingga ke fotografer pernikahan.

7. Sektor Industri TV dan Radio

Jika banyak masyarakat yang berkata bahwa industri TV dan radio sudah redup, nyatanya belum. Pasalnya, justru industri TV dan radio merupakan industri yang memiliki banyak orang kreatif agar penonton dan pendengar tidak bosan dengan acaranya.

8. Sektor Industri Fashion

Meskipun sedang pandemi dan mengharuskan untuk bekerja dari rumah, hal ini tidak menyurutkan pemikiran kreatif para designer. Hal ini dapat dibuktikan dari lakunya design rumahan lengkap dengan maskernya di pasaran.

9. Sektor Industri Komputer dan Perangkat Lunak

Memiliki ruang lingkup di dunia design game dan perangkat lunak, sektor industri komputer nyatanya ikut andil dalam perekonomian. Meskipun belum seperti negara Jepang dan China, tapi game buatan Indonesia juga sudah mampu bersaing dengan game internasional lainnya.

Tak dapat dipungkiri memang, semakin tua zaman semakin canggih dan kreatif pula teknologi yang berkembang. Hal ini menyebabkan terbentuknya sektor industri kreatif di Indonesia yang juga memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia.