Tari piring merupakan tarian khas daerah Sumatera Barat. Tarian ini merupakan salah satu warisan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Tari piring ditampilkan dengan menggunakan pakaian adat Minangkabau dengan menggunakan dua piring pada tangan. Piring ini sendiri dijadikan properti dalam menarikan tarian daerah tersebut.

Tari piring berasal dari daerah Sumatera Barat ini memiliki perjalanan yang panjang untuk bisa dijadikan pertunjukkan saat ini. Dimana Tari piring berasal dari daerah Minangkabau ini sendiri merupakan tarian yang digunakan sebagai ritual panen. Dalam rasa syukur karena hasil panen yang banyak dan berlimpah, akhirnya masyarakat daerah setempat melakukan Tari piring berasal dari daerah Minangkabau tersebut.

Mengapa ritual panen yang dilakukan tersebut menggunakan piring sebagai propertinya? Tari piring berasal dari daerah Minangkabau tersebut menggunakan piring karena dalam mengucap syukur, mereka menyajikan saji dalam bentuk piring. Dimana piring saji yang digunakan dalam ritual tersebut kemudian digunakan untuk melakukan tarian tersebut. Tarian ini sendiri dilakukan dengan iringan music.

Pada saat dikenalkannya tarian ini sendiri pada saat itu, tari piring menggunakan piring dari Cina. Hal ini dikarenakan barang pecah belah dari Cina sendiri memiliki nilai estetik yang tinggi sehingga disarankan digunakan. Keindahan piring khas Cina tersebut menjadi salah satu daya tarik dalam Tari piring berasal dari daerah Minangkabau tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu dan masuknya agama Islam, tarian ini sendiri akhirnya hanya digunakan sebagai penghibur dan warisan budaya.

Meskipun demikian, jika kalian berkunjung ke daerah Sumatera Barat maka kalian akan menemukan tarian ini sendiri dalam pemukiman penduduk asli. Tarian ini sendiri sering menjadi pertunjukkan dalam kegiatan pernikahan yang diadakan. Tarian ini menjadi symbol budaya masyarakat Minangkabau sendiri dan menjadi sebuah tarian penghibur masyarakat.

Ketika berkunjung ke Sumatera Barat sendiri, kalian akan diajarkan untuk melakukan tarian ini. Dimana disediakan juga trik menari menggunakan piring yang dilakukan agar piring tidak terjatuh saat melakukan tarian tersebut. Nah, dari kegiatan tersebut kalian akan belajar warisan nusantara yang ada di wilayah Minangkabau tersebut.